PROPOSAL BISNIS
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Usaha
adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan meningkatkan taraf hidup
seseorang untuk lebih baik. Kita dapat menghasilkan laba atau pendapatan yang
semaksimal mungkin. Memulai usaha dalam bidang apapun, kita harus diketahui
peluang pasar dan bagaimana menggaet minat para konsumen. Mampu menganalisa
keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk
bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas. Mempersiapkan
mental dan keberanian dalam memulai usaha, Singkirkan hambatan rasa malu, takut
gagal antara berkeinginan dan keraguan. Harus siap menghadapi resiko
pekerjaannya, sudah diperhitungkan artinya risiko yang diambil tidak terlalu
tinggi atau terlalu rendah.
Banyak
orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien.
Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih
memilih untuk membeli makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan
pertimbangan waktu dan tenaga. Maka
kebanyakan dari mereka lebih memilih hal- hal yang instan.
Adanya
persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami
untuk mencoba memproduksi suatu makanan yang tidak kalah menarik dengan makanan
instan, dan tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan. Kami bernisiatif
membuat Kue Brownies yaitu makanan yang berbahan tepung. Makanan yang mempunyai
rasa manis, beraneka rasa dan bertekstur lembut
1.2 Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara untuk membuka usaha bisnis kue brownies yang
baik dan benar dengan tingkat kerugian yang rendah?
2.
Bagaimana cara mengantisipasi persaingan bisnis kue brownies
yang semakin ketat?
3.
Bagaimana cara agar dapat meraih keuntungan dalam bisnis kue
brownies?
1.3 Manfaat Usaha
1.
Manfaat Ekonomi
Usaha Kue
Brownies ini dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Kami membuat cara
pembayaran melalui bank dan pesan antar agar mereka tidak perlu lagi harus
menunggu pesanan. Dan juga kami memberikan harga yang murah tapi memiliki
kualitas kue yang tetap menjamin kesehatan dan kehalalannya
2.
Manfaat Sosial
§ Bagi
Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat
membuka cabang dan berkembang ke seluruh Indonesia dan memasuki pasar
Internasional. Dikarenakan banyak masyarakat yang suka dengan Brownies dari
seluruh kalangan dan usia. Dengan kecintaan pemilik usaha dengan kue Brownies,
juga pemilik usaha dapat menjadikan usahanya ini sebagai pengalaman dengan
tujuan agar dapat menjalankan usaha ini lebih besar lagi.
§ Bagi
Masyarakat
Dengan adanya usaha kue Brownies ini, dapat menjadi alternatif
bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena jika usaha ini dapat
berkembang dengan baik maka akan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak.
1.4 Profil Usaha
Nama
Usaha : Kue Brownies
Jomblo
Jenis
Usaha : Kuliner
Alamat
Usaha : Jln. Tuanku
Tambusai No 15, Pekanbaru
1.5 Visi, Misi, dan Tujuan
Visi Usaha
Memperkuat
nilai-nilai kewirausahaan yang ada dalam diri manusia atau pengusaha, sehingga
dapat bersaing di era globalisasi di dunia.
Misi Usaha
1. Memperkenalkan produk kue
Brownies pada masyarakat umum melalui ajang membuka usaha baru.
2. Mengukur ketercapaian usaha
dalam satu periode tertentu.
3. Mengembangkan inovasi-inovasi baik
dalam produk maupun pelayanan yang diharapkan mampu memahami perilaku konsumen
Tujuan
1. Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya
2. Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan
3. Mewujudkan
kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan
masyarakat
4. Membudayakan
semangat, sikap, perilaku berwirausaha di kalangan masyarakat
5. Meningkatkan
daya saing usaha agar dapat setara bahkan melebihi para pengusaha yang lain
6. Menampung
pekerja sebanyak-banyaknya agar mengurangi angka pengangguran
1.6 Produk
Produk
kue Brownies yang kami tawarkan memiliki beraneka rasa, seperti:
ü Brownies Original
ü Brownies Pisang
ü Brownies Kismis
ü Brownies Keju
ü Brownies Strawberry
ü Brownies Kacang
ü Brownies Rendah Lemak
BAB
2
ANALISIS
USAHA
2.1
Analisis SWOT
Proposal Usaha Kue Brownies
Jomblo dalam analisis SWOT yang meliputi kelebihan (kekuatan dan peluang) dan
kekurangan (kelemahan dan ancaman) dengan berbagai indikator sebagai berikut :
·
Strength
(Kekuatan) dengan indikator:
ü Harga makanan ini sangat
terjangkau Rp. 20.000
ü Kualitas produk terjamin
ü Proses pembuatannya mudah dan
sederhana
·
Weakness
(kelemahan) dengan indikator:
ü Harga bahan baku yang relatif
tidak menentu
·
Opportunity
(Peluang) dengan indikator:
ü Daya beli masyarakat terhadap
makanan relatif tinggi
ü Banyak orang yang menyukai kue
kue manis terutama sebagai hidangan tamu
·
Threat
(Ancaman) dengan indikator:
ü Persaingan usaha yang ketat
ü Adanya produk yang sejenis
ü Selera konsumen yang selalu
berubah-ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk
2.2
Marketing Mix
1. Product : produk kue brownies
dengan bahan yang berkualitas dan penampilan kemasan yang menarik.
2. Price : harga Kue Brownies
sangat terjangkau untuk seluruh kalangan
3. Place : Dalam tempat
pendistribusian kami menjual dengan cara online
dan membuka toko
4. Promotion : kami mempromosikan kue
brownies lewat face to face, brosur berwarna untuk menarik pembeli.
2.3
Rencana Usaha
Rencana
Jangka Pendek
Usaha
bisnis Kue Brownies ini bertujuan untuk menambah pengalaman dalam berbisnis
bagi kalangan umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan
suatu usaha untuk kehidupan masa depan.
Rencana Jangka Menengah
Usaha ini pasti akan dikembangkan
untuk mewujudkan impian bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda
yang sukses.
Rencana
Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan
pelanggan dan membuka cabang, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas
serta kebersihan dari usaha ini.
2.4
Pasar dan Pemasaran
1.
Target
Pasar
Usaha ini
berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. Lokasi tersebut dipilih karena banyak
dilewati oleh masyarakat sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mengenal
dan mengetahui usaha ini.
2.
Pesaing
Terdapat
banyak pesaing dari usaha ini antara lain adanya Cafe, dan usaha bisnis Ice
Cream.
3.
Sasaran
Pembeli
Dalam
usaha ini, kami memiliki sasaran pembeli yaitu mahasiswa, pegawai, seluruh
kalangan masyarakat. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp20.000 sampai
dengan Rp70.000.
2.5
Langkah-Langkah Promosi
Ø Pada hari
libur nasional, kami akan memberikan diskon 5% kepada mahasiswa dan pelajar
yang membeli Brownies dengan membawa kartu pelajar atau kartu tanda mahasiswa.
Ø Kami akan
memberikan diskon 10% pada hari Jum’at dan gratis bagi orang yang hafal Surah
Al Kahfi, Surah Al Mulk dan Surah Yaasiin
Ø Setiap
pembelian 1 Brownies di berikan 1 kupon, jika konsumen sudah mendapat 7 kupon
dapat ditukarkan dengan 1 kue Brownies gratis.
BAB
3
PRODUK
DAN PROSES PEMBUATAN
3.1
Proses Pembuatan
Bahan yang digunakan:
ü 200 gram mentega
ü 200 gram dark chocolate
ü 150 gram gula pasir halus
ü 120 gram tepung terigu
ü 3 butir telur
ü ½ sendok teh garam
Cara membuat:
Ø Lelehkan mentega, kemudian masukkan dark chocolate. Aduk hingga coklat
meleleh
Ø Masukkan gula pasir halus, aduk rata
sampai gula menjadi larut. Kemudian tambahkan telur, kocok hingga rata
Ø Masukkan tepung terigu sedikit demi
sedikit sambil terus diaduk
Ø Tuang adonan kedalam loyang yang
telah diolesi margarin dan diberi alas
terlebih dahulu
Ø Panggang dalam oven dengan suhu 180
derajat celcius selama 45 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan
Ø Selesai
3.2
Perhitungan Modal dan Harga Jual
No
|
Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
1.
|
Terigu
|
2 kg
|
Rp 14.000,-
|
2.
|
Telur
|
2 kg
|
Rp 14.000,-
|
3.
|
Gula Pasir Halus
|
1 kg
|
Rp 10.000,-
|
4.
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp 2000,-
|
5.
|
Telur
|
1 lusin
|
Rp 20.000,-
|
6.
|
Blue Band
|
1 bungkus
|
Rp 5000,-
|
14.
|
Varian Rasa (7)
|
1 kg @Rp 20. 000,-
|
Rp 14.000,-
|
15.
|
Kardus
|
40 @Rp 2000,-
|
Rp 80.000,-
|
16.
|
Plastic
|
2 pack @Rp 25.000,-
|
Rp 50.000,-
|
Harga Jual
= Rp 20.000,- x 50 porsi = 1.000.000
Harga Beli bahan baku
Rp 5.000,-
Beli bahan tambahan
Rp 2.000,-
--------------+
Rp 7.000,-
Rp
7000 X 50 porsi = Rp 350.0000
3.3
Analisis Laba
Rugi
Pendapatan Penjualan Rp
1.000.000,-
Harga Pokok Penjualan Rp
350.000,-
----------------
-
Laba Kotor Rp
650.000,-
Biaya Penjualan :
Biaya transportasi
RP 30.000,-
Biaya sewa tempat
Rp 25.000,-
Biaya listrik dan air Rp 20.000,-
Biaya lainnya Rp 20.000,-
--------------- +
Rp 95.000,-
Laba
Bersih = (Rp 650.000,-) – (Rp 350.000) = Rp 300.000,-
Perhitungan margin keuntungan = Rp 300.000
---------------- x 100% = 6%
Rp
500.000
3.4
Analisis
Keuntungan
Pendapatan per bulan :
Omzet Rp
500.000 x 30 hari = Rp. 15.000.000,-
Laba kotor per bulan Rp 650.000 x 30 = Rp.
19.500.000,-
Keuntungan bersih per bulan = (Rp 650.000 – Rp 95.000) x 30
= Rp 16.650.000,-
BAB
4
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Jika produk
usaha yang akan dipasarkan dapat diterima oleh semua kalangan, baik dalam
negeri maupun luar negeri maka kita harus :
ü Membuat
produk yang berkualitas tinggi dengan harga bersaing dari segi penjualan.
ü Membuat
desain yang menarik dan harga terjangkau
ü Memilih
dan menentukan tempat usaha yang strategis agar lebih banyak menghasilkan
keuntungan.
4.2
Kritik dan Saran
Demikianlah
proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua
pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha kue
Brownies ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat sesegera
mungkin mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Kami meminta saran dan kritik dari
semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata
sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau
pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok.
Komentar
Posting Komentar