PROPOSAL BISNIS

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang
Usaha adalah sesuatu bentuk yang dapat menghasilkan uang dan meningkatkan taraf hidup seseorang untuk lebih baik. Kita dapat menghasilkan laba atau pendapatan yang semaksimal mungkin. Memulai usaha dalam bidang apapun, kita harus diketahui peluang pasar dan bagaimana menggaet minat para konsumen. Mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas. Mempersiapkan mental dan keberanian dalam memulai usaha, Singkirkan hambatan rasa malu, takut gagal antara berkeinginan dan keraguan. Harus siap menghadapi resiko pekerjaannya, sudah diperhitungkan artinya risiko yang diambil tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.
Banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga. Maka kebanyakan dari mereka lebih memilih hal- hal yang instan.
Adanya persaingan yang cukup ketat dalam pasar makanan tidak menyurutkan langkah kami untuk mencoba memproduksi suatu makanan yang tidak kalah menarik dengan makanan instan, dan tentunya mampu bersaing dalam pasar makanan. Kami bernisiatif membuat Kue Brownies yaitu makanan yang berbahan tepung. Makanan yang mempunyai rasa manis, beraneka rasa dan bertekstur lembut

1.2      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara untuk membuka usaha bisnis kue brownies yang baik dan benar dengan tingkat kerugian yang rendah?
2.      Bagaimana cara mengantisipasi persaingan bisnis kue brownies yang semakin ketat?
3.      Bagaimana cara agar dapat meraih keuntungan dalam bisnis kue brownies?

1.3      Manfaat Usaha
1.      Manfaat Ekonomi
Usaha Kue Brownies ini dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Kami membuat cara pembayaran melalui bank dan pesan antar agar mereka tidak perlu lagi harus menunggu pesanan. Dan juga kami memberikan harga yang murah tapi memiliki kualitas kue yang tetap menjamin kesehatan dan kehalalannya
2.      Manfaat Sosial
§  Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat membuka cabang dan berkembang ke seluruh Indonesia dan memasuki pasar Internasional. Dikarenakan banyak masyarakat yang suka dengan Brownies dari seluruh kalangan dan usia. Dengan kecintaan pemilik usaha dengan kue Brownies, juga pemilik usaha dapat menjadikan usahanya ini sebagai pengalaman dengan tujuan agar dapat menjalankan usaha ini lebih besar lagi.
§  Bagi Masyarakat
Dengan adanya usaha kue Brownies ini, dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena jika usaha ini dapat berkembang dengan baik maka akan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak.

1.4     Profil Usaha
Nama Usaha                  : Kue Brownies Jomblo
Jenis Usaha                    : Kuliner
Alamat Usaha                : Jln. Tuanku Tambusai No 15, Pekanbaru

1.5     Visi, Misi, dan Tujuan
Visi Usaha
Memperkuat nilai-nilai kewirausahaan yang ada dalam diri manusia atau pengusaha, sehingga dapat bersaing di era globalisasi di dunia.
Misi Usaha
1.      Memperkenalkan produk kue Brownies pada masyarakat umum melalui ajang membuka usaha baru.
2.      Mengukur ketercapaian usaha dalam satu periode tertentu.
3.      Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan yang diharapkan mampu memahami perilaku konsumen
Tujuan
1.      Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya
2.      Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan
3.      Mewujudkan kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat
4.      Membudayakan semangat, sikap, perilaku berwirausaha di kalangan masyarakat
5.      Meningkatkan daya saing usaha agar dapat setara bahkan melebihi para pengusaha yang lain
6.      Menampung pekerja sebanyak-banyaknya agar mengurangi angka pengangguran

1.6     Produk
Produk kue Brownies yang kami tawarkan memiliki beraneka rasa, seperti:
ü  Brownies Original
ü  Brownies Pisang
ü  Brownies Kismis
ü  Brownies Keju
ü  Brownies Strawberry
ü  Brownies Kacang
ü  Brownies Rendah Lemak


BAB 2
ANALISIS USAHA

2.1                 Analisis SWOT
Proposal Usaha Kue Brownies Jomblo dalam analisis SWOT yang meliputi kelebihan (kekuatan dan peluang) dan kekurangan (kelemahan dan ancaman) dengan berbagai indikator sebagai berikut :
·         Strength (Kekuatan) dengan indikator:
ü  Harga makanan ini sangat terjangkau Rp. 20.000
ü  Kualitas produk terjamin
ü  Proses pembuatannya mudah dan sederhana
·         Weakness (kelemahan) dengan indikator:
ü  Harga bahan baku yang relatif tidak menentu
·         Opportunity (Peluang) dengan indikator:
ü  Daya beli masyarakat terhadap makanan relatif tinggi
ü  Banyak orang yang menyukai kue kue manis terutama sebagai hidangan tamu
·         Threat (Ancaman) dengan indikator:
ü  Persaingan usaha yang ketat
ü  Adanya produk yang sejenis
ü  Selera konsumen yang selalu berubah-ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk

2.2                 Marketing Mix
1.      Product : produk kue brownies dengan bahan yang berkualitas dan penampilan kemasan yang menarik.
2.      Price : harga Kue Brownies sangat terjangkau untuk seluruh kalangan
3.      Place : Dalam tempat pendistribusian kami menjual dengan cara online dan membuka toko
4.      Promotion :  kami mempromosikan kue brownies lewat face to face, brosur berwarna untuk menarik pembeli.
  
2.3                 Rencana Usaha
Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis Kue Brownies ini bertujuan untuk menambah pengalaman dalam berbisnis bagi kalangan umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha untuk kehidupan masa depan.
Rencana Jangka Menengah
Usaha ini pasti akan dikembangkan untuk mewujudkan impian bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses.
Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan dan membuka cabang, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas serta kebersihan dari usaha ini.

2.4                 Pasar dan Pemasaran
1.      Target Pasar
Usaha ini berlokasi di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. Lokasi tersebut dipilih karena banyak dilewati oleh masyarakat sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mengenal dan mengetahui usaha ini.
2.      Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini antara lain adanya Cafe, dan usaha bisnis Ice Cream.
3.      Sasaran Pembeli
Dalam usaha ini, kami memiliki sasaran pembeli yaitu mahasiswa, pegawai, seluruh kalangan masyarakat. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp20.000 sampai dengan Rp70.000.

2.5                 Langkah-Langkah Promosi
Ø  Pada hari libur nasional, kami akan memberikan diskon 5% kepada mahasiswa dan pelajar yang membeli Brownies dengan membawa kartu pelajar atau kartu tanda mahasiswa.
Ø  Kami akan memberikan diskon 10% pada hari Jum’at dan gratis bagi orang yang hafal Surah Al Kahfi, Surah Al Mulk dan Surah Yaasiin
Ø  Setiap pembelian 1 Brownies di berikan 1 kupon, jika konsumen sudah mendapat 7 kupon dapat ditukarkan dengan 1 kue Brownies gratis.


BAB 3
PRODUK DAN PROSES PEMBUATAN

3.1              Proses Pembuatan
Bahan yang digunakan:
ü  200 gram mentega
ü  200 gram dark chocolate
ü  150 gram gula pasir halus
ü  120 gram tepung terigu
ü  3 butir telur
ü  ½ sendok teh garam
Cara membuat:
Ø  Lelehkan mentega, kemudian masukkan dark chocolate. Aduk hingga coklat meleleh
Ø  Masukkan gula pasir halus, aduk rata sampai gula menjadi larut. Kemudian tambahkan telur, kocok hingga rata
Ø  Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk
Ø  Tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi margarin dan diberi alas  terlebih dahulu
Ø  Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 45 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan
Ø  Selesai

3.2              Perhitungan Modal dan Harga Jual
No
Barang
Jumlah
Harga
1.
Terigu
2 kg
Rp 14.000,-
2.
Telur
2 kg
Rp 14.000,-
3.
Gula Pasir Halus
1 kg
Rp 10.000,-
4.
Garam  
1 bungkus
Rp 2000,-
5.
Telur
1 lusin
Rp 20.000,-
6.
Blue Band
1 bungkus
Rp 5000,-
14.
Varian Rasa (7)
1 kg @Rp 20. 000,-
Rp 14.000,-
15.
Kardus
40 @Rp 2000,-
Rp 80.000,-
16.
Plastic
2 pack @Rp 25.000,-
Rp 50.000,-











Harga Jual = Rp 20.000,-  x 50 porsi = 1.000.000
Harga Beli bahan baku                       Rp 5.000,-
Beli bahan tambahan                          Rp 2.000,-
                                                            --------------+
                                                            Rp 7.000,-
                                                Rp 7000 X 50 porsi = Rp 350.0000

3.3         Analisis Laba Rugi
Pendapatan Penjualan             Rp 1.000.000,-
Harga Pokok Penjualan           Rp    350.000,-
                                                ---------------- -
Laba Kotor                              Rp    650.000,-

            Biaya Penjualan :
Biaya transportasi                                                          RP   30.000,-
Biaya sewa tempat                                                         Rp   25.000,-
Biaya listrik dan air                                                        Rp   20.000,-
Biaya lainnya                                                                 Rp   20.000,-
                                                                                                 --------------- +
                                                                                        Rp 95.000,-
           
Laba Bersih = (Rp 650.000,-) – (Rp 350.000) = Rp 300.000,-

Perhitungan margin keuntungan =      Rp   300.000
                                                             ---------------- x 100% = 6%
                                                                        Rp 500.000

3.4         Analisis Keuntungan
Pendapatan per bulan :
              Omzet Rp 500.000 x 30 hari             = Rp. 15.000.000,-
              Laba kotor per bulan Rp 650.000 x 30         = Rp.   19.500.000,-
Keuntungan bersih per bulan = (Rp 650.000 – Rp 95.000) x 30 = Rp 16.650.000,-


BAB 4
PENUTUP

4.1         Kesimpulan
Jika produk usaha yang akan dipasarkan dapat diterima oleh semua kalangan, baik dalam negeri maupun luar negeri maka kita harus :
ü  Membuat produk yang berkualitas tinggi dengan harga bersaing dari segi penjualan.
ü  Membuat desain yang menarik dan harga terjangkau
ü  Memilih dan menentukan tempat usaha yang strategis agar lebih banyak menghasilkan keuntungan.

4.2         Kritik dan Saran
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha kue Brownies ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat sesegera mungkin mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Kami meminta saran dan kritik dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOORDINASI DAN PENGARAHAN

SKN: SUBSISTEM UPAYA KESEHATAN